• Home
  • Tips Membeli Genset pada Distributor Genset Jakarta

Tips Membeli Genset pada Distributor Genset Jakarta

Membeli genset pada distributor genset Jakarta bisa lebih murah. Terdapat banyak merk genset juga model tipe dan spesifikasi kapasitas dayanya. Hitung dulu jumlah kebutuhan pasokan daya yang diperlukan. Pada tiap bangunan yakni seperti rumah atau kantor atau sekolahan atau gedung universitas, atau rumah sakit dan klinik, atau mall, gedung pusat perbelanjaan, atau suatu pabrik ataupun gedung dan hunian lainnya, maka bisa berbeda-beda kebutuhan pasokan daya listriknya. Hal tersebut tergantung pada jenis dan jumlah peralatan elektronik yang memerlukan pasokan daya listrik dalam melaksanakan fungsinya yang ada di tiap bangunan atau area tersebut. Setelah mengetahui kebutuhannya baru dicari genset dengan kapasitas yang tepat yakni tidak terlampau kecil sehingga kurang ataupun justru terlalu besar sehingga timbul pemborosan. Guna mengetahui kapasitas tepat suatu genset maka berikut ini tips caranya.

Patokan Konversi Genset

Satuan ukuran daya kapasitas yang tercantum pada label mesin genset biasanya dalam satuan ukur kVA. Sedangkan beberapa peralatan elektronik di rumah atau di kantor dalam satuan ukuran watt. Sehingga perlu dilakukan konversi terlebih dahulu ke dalam satuan ukur yang sama. Sebagai patokan acuan nilai baku untuk melakukan konversi ialah 800 Watt per kVa atau 0,8 kW. Jadi nilai konversi dari satuan ukur kVA ke satuan ukur Watt ialah dengan dikali 800. Sedangkan jika hendak melakukan konversi dari satuan ukur Watt ke satuan ukur kVA ialah dengan dibagi 800.

Rumus Hitung Konversi Genset

Guna mengetahui suatu genset mampu memasok berapa watt kebutuhan pasokan listrik pada suatu bangunan atau area, maka hitung dengan rumus sebagai berikut.

Kapasitas Daya Genset (biasanya dalam satuan ukur kVA) x nilai acuan (konversi dari kVA ke Watt ialah 800). 

Contoh Cara Hitung Konversi Genset

Kebanyakan Genset yang tersedia di pasaran ialah dalam kapasitas daya 1000 kVA karena kebanyakan keperluan pasokan listrik rumah tangga cukup dapat dipenuhi dengan genset berukuran kapasitas daya seribu kVA tersebut. Guna mengetahui besaran watt daya listrik yang mampu dipasok oleh genset berkapasitas 1000 kVA tersebut maka bisa dilakukan perhitungan konversi sebagai berikut.

1.000 kVa x 800 Watt = 800.000

Jadi genset yang berlabel 1.000 kVA tersebut mampu memasok kebutuhan daya listrik hingga sebanyak sekitar 800 ribu watt atau 800 kW.

Cukup besar bukan, diperkirakan cukup untuk rata-rata kebutuhan listrik rumah tangga. Tinggal pilih genset berbahan bakar solar atau bensin dan jenis gensetnya. Jenis genset ada yang bertipe open dan silent. Genset silent telah dilengkapi dengan peredam suara, sehingga tidak akan terlalu berisik meski lebih mahal harganya. Perhatikan juga garansi dan layanan after sale servicenya karena genset akan digunakan dalam jangka panjang.

Leave A Comment