• Home
  • Berkenalan dengan Tipe Kompor Listrik
kompor listrik

Berkenalan dengan Tipe Kompor Listrik

Semakin banyaknya pengguna dari kompor listrik tentu membuat Anda penasaran untuk mengenalnya lebih jauh. Sebelum menggunakan kompor listrik, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja tipe kompor listrik yang ada. 

  • Tipe Kompor Listrik Konvensional

Pertama, ada kompor listrik konvensional. Tipe kompor listrik yang satu ini memakai listrik sebagai sumber panas. Panas tersebut kemudian akan dialirkan ke kompor dengan memakai kabel nicrome.

Karena teknologinya yang masih konvensional inilah, tipe kompor listrik konvensional memiliki harga yang relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan tipe lainnya.

Namun, tipe kompor ini memiliki catatan sendiri yang perlu diperhatikan yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjadi panas.

Jika Anda ingin memasak menu yang sedikit rumit, akan membutuhkan kesabaran, karena butuh waktu untuk mencapai suhu yang Anda inginkan. Sehingga proses turun naiknya suhu tidak bisa dilakukan dalam waktu yang cepat,

Karena karakteristiknya tersebut, kompor listrik konvensional akan lebih cocok jika Anda gunakan untuk membuat menu masakan yang dasar dan standar saja seperti mie instan, air, sayur sup atau telur.

Untuk harganya sendiri, kompor listrik konvensional cukup beragam, tetapi Anda bisa menemukannya mulai dari angka 125 ribu Rupiah saja.

  • Tipe Kompor Listrik Induksi

Tipe kompor listrik kedua yang akan Kami perkenalkan kepada Anda adalah tipe kompor listrik induksi.

Kompor listrik tipe induksi bisa menghasilkan panas dengan memakai elektromagnet. Pada bagian bawah area untuk memasak di kompor, Anda akan bisa menemukan lilitan logam.

Lilitan logam tersebut akan menghantarkan panas ketika kompor listrik dinyalakan kemudian menghasilkan sebuah medan magnet yang tidak bisa dilihat oleh mata.

Medan magnet ini akan aktif apabila di atas kompor diletakkan peralatan masak yang dibuat dari stainless steel ataupun besi.

Cara kerja dari tipe kompor listrik induksi adalah memanaskan peralatan masak yang Anda taruh di atas kompor tersebut, bukan memasangkan kompor.

Perlu diketahui juga kalau untuk menggunakan kompor listrik dengan tipe induksi, Anda akan membutuhkan peralatan masak yang memiliki kandungan magnetik. Jika Anda meletakkan alat masak dari bahan lain, maka kompor listrik tidak akan bisa digunakan.

Kompor listrik jenis induksi terbilang aman untuk digunakan karena punya mode off secara otomatis. Efek ini memungkinkan kompor untuk mati dengan sendirinya ketika terjadi kenaikan maupun penurunan suhu.

  • Kompor Listrik Tipe Infrared

Tipe kompor listrik selanjutnya yang akan kita bahas adalah kompor listrik dengan tipe infrared.

Tipe kompor listrik yang satu ini memakai lampu halogen untuk menghasilkan panas. Supaya panas yang dihasilkan dapat menyebar secara merata, lampu halogen memiliki radiasi kumparan di sekelilingnya.

Kelebihan dari kompor listrik dengan tipe infrared adalah bisa cocok dengan peralatan masak dari bahan apa saja selain plastik. Selain itu, kompor ini juga hemat energi dan mudah untuk dipakai.

Tetapi, dalam pemakaiannya Anda perlu hati-hati karena kompor listrik dengan tipe infrared butuh waktu lama untuk menjadi dingin setelah dipakai, kompor ini juga akan sangat panas ketika dipakai.

Itulah dia 3 jenis kompor listrik yang bisa Anda gunakan. Mana kompor yang paling ingin Anda gunakan?

Leave A Comment