• Home
  • Mengenal e-commerce enabler lebih jauh
Ilustrasi bisnis

Mengenal e-commerce enabler lebih jauh

Perilaku konsumen saat ini sudah berubah drastis dari yang berbelanja secara offline dengan mendatangi toko fisiknya secara langsung hingga kini berubah dengan berbelanja secara online melalui platform-platform toko online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Hal itu tak terlepas dari adanya e-commerce enabler.

Meskipun kata itu sudah sering terdengar, tapi masih banyak yang belum tahu arti sebenarnya. Singkatnya definisi e-commerce enabler adalah pihak ketiga yang umumnya berbentuk perusahaan outsourcing yang membantu pengusaha/penjual/pebisnis untuk menyiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk berjualan secara online di e-commerce, baik itu semua persiapan atau hanya sebagian saja.

Layanan yang disediakan ada banyak, diantaranya konsultasi bisnis online, manajemen dan operasi toko online, management konsumen, management inventaris, digital marketing, sampai sistem dan teknologi yang dibutuhkan untuk membuka toko online. Pada intinya perusahaan penyedia tersebut menyediakan segala hal yang bisa membantu anda untuk tetap bertahan di dunia yang serba digital ini dan membantu melakukan penjualan yang efektif di dunia maya.

E-commerce enabler juga bisa anda sebut sebagai sebuah sistem. Semua permasalahan operasional toko online anda bisa diselesaikan menggunakan sistem tersebut mulai dari awal hingga akhir. Permasalahan yang muncul seperti management toko online, Customer Relation Management atau CRM hingga pengolahan gudang bisa dikelola dengan efektif.

Contohnya sebagai berikut. Anda memiliki toko online yang berbeda-beda dari beberapa marketplace. Untuk menjalankan setiap toko di marketplace yang berbeda sehari-harinya tentu akan menguras tenaga dan waktu jika dilakukan secara manual. Maka solusinya adalah menggunakan sistem e-commerce enabler ini.

Dengan sistem tersebut anda bisa mengelola semua toko online anda dari berbagai marketplace yang berbeda hanya dengan satu kali klik. Pesanan bisa diproses dengan lebih mudah, kemudian informasi tentang ketersediaan stok barang juga akan berubah secara otomatis di semua toko online anda sesuai dengan barang yang keluar. Pengiriman barang anda juga langsung diselesaikan dari dalam gudang saat itu juga.

Berikut beberapa manfaat jika anda menggunakan ecommerce enabler 

  1. Membantu Pembuatan Toko Online atau Webstore

Tidak hanya toko di dalam marketplace, anda juga bisa memiliki toko online di web anda sendiri sehingga channel penjualan anda akan semakin variatif dan beragam.

  1. Membantu melakukan listing produk

Jika sebelumnya anda repot untuk mengunggah dan mengupdate informasi di toko online anda, maka kini anda hanya perlu melakukan sekali kemudian sistem enabler ini akan melakukannya secara otomatis untuk anda

  1. Layanan Customer Service

Saat terjadi gangguan dalam pelaksanaan operasinya, maka enabler menyediakan CS untuk memecahkan gangguan tersebut tanpa merugikan anda

Salah satu ecommerce enabler yang terpercaya adalah https://www.sirclo.com/.

Leave A Comment