• Home
  • Kenali Jenis Asuransi Mobil
asuransi mobil

Kenali Jenis Asuransi Mobil

Kesadaran sejumlah masyarakat terkait pentingnya beberapa hal yang bisa terjadi selama berkendara di jalan memang saat ini sudah bisa dibilang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari berbagai polis dari asuransi mobil yang banyak ditawarkan di seluruh Indonesia. Ada banyaknya polis dari asuransi kendaraan ini dikarenakan begitu banyaknya kecelakaan yang bahkan terjadi di jalan raya terutama di beberapa kota besar seperti di Jakarta. 

Apa Pentingnya Asuransi Mobil?

Banyak orang yang bertanya-tanya apa pentingnya asuransi sebuah kendaraan terutama mobil? Ada penelitian dari WHO yang menyebutkan bahwa salah satu pembunuh terbesar selain penyakit jantung adalah kecelakaan. Salah satu penyebab terbesar banyak terjadi kecelakaan selama berkendara di jalan pastinya karena kelalaian manusia. Selain kelalaian manusia sendiri, ada beberapa faktor lain yang juga disebabkan dari orang lain. Sedangkan untuk salah satu cara untuk meminimalisir risiko yang bisa saja terjadi agar kecelakaan bisa terhindarkan dari berbagai penanganan biaya kerusakan kendaraan dilakukan dengan memilih untuk mengasuransikan kendaraan seperti mengasuransikan mobil. 

Jenis Asuransi Mobil yang Biasa Digunakan

Jika Anda sudah memutuskan untuk memilih mengasuransikan kendaraanya seperti mengasuransikan mobil, maka ketahui beberapa jenis asuransi mobil seperti apa yang tepat untuk dipilih. Ada beberapa jenis asuransi yang nantinya memberikan keuntungan dan kelebihannya masing-masing. Untuk jenis dari asuransi mobil yang dapat dipilih adalah:

  • Asuransi TLO

Asuransi ini adalah asuransi yang hanya bisa di klaim apabila terjadi kehilangan secara total. Di dalam asuransi jenis ini, untuk kehilangan total yang dimaksud adalah kerusakan yang nantinya terjadi diatas 75%. Selain itu, untuk klaim ini bisa juga diajukan atau dicairkan apabila kendaraan terkena pencurian atau bahkan perampasan. Ukuran 75% ini diambil dikarenakan mobil tidak bisa digunakan Kembali atau benar-benar sudah mengalami kerusakan yang cukup fatal dan parah. Untuk kelebihannya, premi dari asuransi TLO lebih rendah dibandingkan dengan asuransi all risk. 

  • Asuransi All Risk/ Comprehensive

Jenis asuransi yang kedua adalah asuransi all risk. Asuransi ini adalah jenis asuransi segala risiko. Asuransi ini juga disebut dengan comprehensive atau asuransi keseluruhan yang memberikan pembayaran atau memberikan klaim untuk berbagai jenis kerusakan. Baik kerusakan ringan, kerusakan berat dan juga kerusakan akan kehilangan. Jauh berbeda dibandingkan dengan TLO, sebab jenis asuransi ini apabila mobil Anda mengalami sedikit saja kerusakan, maka pihak asuransi akan membayarkan klaim asuransi tersebut untuk perbaikan mobil. Namun, untuk jenis asuransi ini pastinya akan lebih mahal biayanya dibandingkan dengan asuransi TLO. 

Jadi, pertimbangkan untuk menentukan salah satu jenis asuransi mobil yang paling Anda pahami dan pastinya yang mampu memberikan potensi dengan biaya yang sesuai dengan keinginan. 

Leave A Comment