• Home
  • Hitung Biaya Registrasi Izin Edar Sebelum Pesan Jasa Registrasi BPOM
BPOM

Hitung Biaya Registrasi Izin Edar Sebelum Pesan Jasa Registrasi BPOM

Jasa registrasi BPOM ditawarkan dengan harga yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pendaftaran produk baik makanan, minuman atau kosmetik ke BPOM adalah hal yang wajib dilakukan. Sayangnya banyak orang yang belum paham berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika mendaftarkan produk ke BPOM. Berapa biaya yang harus kita bayarkan ketika registrasi produk?

Faktor Penentu Biaya Registrasi Produk

Sebelum diedarkan ke pasaran, semua produk harus anda daftarkan ke BPOM dengan langkah-langkah yang mudah untuk dilakukan. Biaya untuk registrasi produk sendiri beragam dan tergantung pada beberapa aspek. Aspek apa sajakah yang akan mempengaruhi biaya yang harus anda bayarkan ketika mendaftarkan produk anda?

  • Jenis dari Produk

Hal pertama yang akan mempengaruhi biaya yang harus anda keluarkan adalah jenis produk yang anda bayarkan. Jenis produk yang dimaksudkan adalah jenis makanan atau minuman, obat-obatan, ataupun kosmetik.

  • Tempat Produksi Produk

Hal kedua yang mempengaruhi biaya registrasi sebuah produk adalah tempat dimana produk tersebut diproduksi. Bagi jenis produk yang diproduksi di dalam negeri tentu mempunyai biaya yang berbeda dengan registrasi produk dengan tempat produksi di luar negeri.

  • Kategori Registrasi

Hal ketika yang berpengaruh terhadap biaya registrasi BPOM itu adalah kategori registrasi produk. Biaya untuk proses perpanjangan atau registrasi ulang baik untuk usaha kecil dan besar akan berbeda dengan biaya registrasi dengan kategori sertifikasi.

Sebelum anda menghubungi jasa registrasi bpom, ada baiknya anda melihat besarnya biaya registrasi dibawah ini.

Biaya Registrasi BPOM

Biaya registrasi BPOM sendiri diatur sebagai berikut:

  • Biaya registrasi ijin edar BPOM untuk produk obat-obatan dan makanan adalah Rp. 100.000 per produk.
  • Biaya registrasi produk kosmetik yang diproduksi di luar negara mulai dari Rp 1.500.000 per produk sedangkan biaya untuk produk kosmetik yang diproduksi di dalam negeri mulai dari Rp. 500.000 per produk.
  • Biaya perpanjangan atau registrasi ulang untuk obat dan makanan dengan skala usaha kecil akan dikenakan Rp 1.000.000 per produk.
  • Biaya sertifikasi produk akan dikenakan Rp.5.000.000 per produk.

Dengan mengetahui biaya yang harus anda keluarkan untuk mendaftarkan produk anda ke BPOM, anda bisa mulai menyiapkan dana sebelum proses registrasi produk. Biaya yang anda keluarkan untuk registrasi BPOM sendiri sebenarnya tidak sebanding dengan manfaat yang anda akan dapatkan setelah produk anda mendapatkan izin edar dari BPOM itu sendiri. Produk yang telah mendapatkan nomor BPOM akan lebih dipercaya oleh konsumen.

Anda juga akan mendapatkan keuntungan lebih besar karena meningkatnya kepercayaan akan keamanan dan kualitas dari produk yang anda jual ke pasaran tersebut. Peluang anda untuk mempromosikan dan menjual produk anda baik dalam negeri maupun di luar negeri juga akan meningkat. Bagi anda yang sudah mempunyai produk dan siap dijual ke pasaran, ini saatnya anda menghubungi jasa registrasi BPOM untuk membantu proses registrasi produk anda.

Leave A Comment