• Home
  • Pipa Sch 80, Pengertian, Jenis, dan Ukuran
Illustrasi Penggunaan Pipa SCH 80

Pipa Sch 80, Pengertian, Jenis, dan Ukuran

Bagi Anda yang bekerja di dunia industri atau dunia konstruksi, pasti sudah tidak asing dengan istilah pipa sch 80. Sch sebenarnya merupakan sebuah kode pada pipa yang dijadikan patokan untuk menentukan ukuran dan ketebalan pada pipa, yang juga umum digunakan di process plant. Yuk simak ulasan terkait pengertian, jenis, dan ukuran pipa schedule.

  1. Apa itu Pipa Sch?

Label SCH pada pipa berarti Schedule, sebuah parameter yang digunakan untuk menggambarkan ketebalan pada pipa yang terbuat dari bahan logam. Jadi, semakin besar nomor SCH yang terlabel pada sebuah pipa, maka semakin tebal pula lapisan pipa tersebut. Namun ukuran ketebalan tersebut berbanding terbalik dengan ukuran diameter di dalamnya.

Semakin besar angka schedulenya, maka ukuran diameter inside sebuah pipa akan semakin kecil. Misal, schedule 40 berdiameter 4 inci, memiliki ketebalan 6,02 mm sedang schedule 80 berdiameter sama akan memiliki ketebalan 8,56 mm. Jadi semakin tebal lapisannya, maka semakin kecil pula ukuran diameter rongga yang ada di dalamnya. 

  1. Ukuran Pipa Sch

Pipa sch standard (STD) dan sch 40 memiliki ukuran yang sama, yakni 1/8 inchi sampai dengan 10 inchi.  Sedangkan untuk ukuran di atasnya, yakni 12 inchi ke atas memiliki ketebalan dinding 9,53 mm dan masih dalam kategori standar. Jadi, walaupun ukuran pipanya 8 inchi, ketebalannya tetap sama dengan yang berukuran 12 inchi, yaitu 9,53 mm.

Pipa sch strong (XS) memiliki ukuran ketebalan yang sama dengan schedule 80 sampai dengan NPS 8 inchi. Sedangkan pipa dengan ukuran NPS di atas 8 inchi, pipa sch XS memiliki ukuran ketebalan dinding 12,5 mm. Untuk pipa schedule XXS memiliki ukuran ketebalan yang lebih dari  jenis pipa yang paling besar, yakni sch 160.

  1. Jenis Pipa Sch

Mulanya, ukuran ketebalan pipa hanya didasarkan pada tiga jenis saja, yaitu STD (ukuran standar), XS (strong), dan XXS (extra strong). Namun, saat ini ketentuan tersebut telah berubah dan  schedule pipa telah diperluas menjadi beberapa nomor, mulai dari sch 50 s/d sch 160. Lebih rincinya ukuran sch yang tersedia yaitu sch 5, 10, 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 140, dan 160.  

Jenis pipa sch tersebut, yang sering digunakan adalah pipa schedule 40 dan  pipa sch 80, sisanya hanya digunakan pada kondisi tertentu. Pipa sch berukuran di bawah atau di atas kode 40  baru akan digunakan ketika temperatur dan tekanan di sitenya sesuai. 

Itulah info yang berkaitan dengan pengertian, jenis, dan ukuran pada pipa sch yang umum digunakan untuk material di proyek konstruksi. Untuk harga pipa, hal tersebut tentu sangat bervariasi, tergantung dengan ukuran dan ketebalannya, dan biasanya semakin tebal semakin mahal harganya. Misal, pipa sch 40 bisa lebih murah dari pipa sch 80.

Leave A Comment