• Home
  • Kenapa Harga Cicilan Mobil Baru Bisa Lebih Mahal? Simak Uraian Berikut!
ilustrasi perhitungan cicilan mobil baru

Kenapa Harga Cicilan Mobil Baru Bisa Lebih Mahal? Simak Uraian Berikut!

Bisnis otomotif agaknya semakin dilirik masyarakat, terutama untuk kelas mobil. Kegiatan marketing dilakukan secara masif dan intens. Banyak keluaran mobil baru dari harga termurah hingga eksklusif demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam soal pembayarannya pun ikut dimudahkan, bisa melalui kredit. Tapi harganya menjadi naik. Bagaimana perhitungan cicilan mobil baru bisa begitu?

Faktor Kenaikan Harga

Kemudahan pembayaran yang ditawarkan oleh dealer, yaitu adanya sistem kredit. Ada risiko yang harus ditanggung oleh pembeli yaitu bunga pembelian. Lalu bagaimana cara menghitung cicilan mobil baru yang dikenai bunga melalui simulasi?

Perhitungan Cicilan Mobil Baru

Beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam pembayaran cicilan di dalam simulasi cicilan mobil yang banyak di mesin pencarian, antara lain.

1. Uang Muka (DP)

Penetapan besarnya uang muka ditentukan pihak leasing atau bank. Biasanya ditetapkan sebesar 20% dari harga total mobil. Bisa juga 40% atau 50%, tergantung dari kesepakatan pembeli dengan pihak leasing atau bank. Uang muka ini belum dikenai bunga.

2. Jumlah Pokok Kredit

Jumlah ini adalah sisa uang yang harus dibayar oleh pembeli setelah membayar DP. Perhitungannya jumlah pokok kredit sama dengan harga total mobil dikurangi dengan DP.

3. Jumlah Tarif Bunga

Tarif bunga adalah besaran bunga yang harus dibayarkan sesuai dengan lamanya waktu pinjaman. Besaran ini dipengaruhi oleh harga mobil barunya. Perhitungannya tarif bunga sama dengan jumlah pokok kredit dikali persen bunga yang ditetapkan oleh pihak leasing atau bank kemudian hasilnya dikali lamanya waktu pinjaman.

4. Jumlah Cicilan

Setelah mendapat jumlah tarif bunganya, hasilnya ditambahkan ke jumlah pokok kredit tadi lalu muncullah harga total mobil yang terkena bunga. Untuk perbulannya tinggal dibagi lamanya waktu pinjaman bulanannya.

5. Biaya Administrasi Dan Ansuransi

Sertakan biaya administrasi dan ansuransinya dalam pengajuan kredit. Besarannya ditentukan oleh pihak leasing atau yang bank yang menawarkan.

Kemudahan dalam memiliki mobil baru dapat dilakukan melalui cicilan mobil baru dan itulah beberapa unsur dalam perhitungan cicilan mobil yang menyebabkan harga kredit lebih mahal ketimbang tunai.

Leave A Comment