• Home
  • Berapakah Biaya Tes Kesuburan? Berikut Ini Pembahasan Lengkapnya
alat tes kesuburan

Berapakah Biaya Tes Kesuburan? Berikut Ini Pembahasan Lengkapnya

Memeriksa kondisi kesuburan dalam usaha kehamilan merupakan hal yang penting dilakukan. Namun berapakah biaya tes kesuburan rahim? Biaya tes kesuburan bagi pria dan wanita sering ditanyakan oleh pasangan suami istri yang baru saja menikah atau yang akan melangsungkan pernikahan. Hal ini dikarenakan banyak pasangan muda yang sering kali mengalami masalah kesuburan. 

Mengenal Tentang Masalah Kesuburan

Banyak orang yang berspekulasi bahwa masalah kesuburan dianggap sebuah masalah besar bagi perempuan. Pada kenyataannya, laki-laki juga juga sering kali mengalami masalah kesuburan hingga kemandulan. Daripada menduga-duga hal yang sifatnya tidak pasti, maka lebih baik tiap pasangan berusaha untuk melakukan pemeriksaan tes kesuburan rahim sekaligus mengikuti program kehamilan. 

Kesuburan pada umumnya berhubungan erat dengan kehamilan. Pasangan yang sudah menikah setahun lebih biasanya sudah mulai panik dan merasa ada gangguan pada kesuburannya. Penyebab gangguan kesuburan biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab gangguan kesuburan pada pria dan wanita terkadang berbeda, oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kedua belah pihak melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. 

Masalah Kesuburan Pada Wanita

Banyak yang mengatakan biaya tes kesuburan rahim bagi wanita lebih mahal dibandingkan dengan pria. Pada wanita terjadinya infertilitas bisa disebabkan karena gangguan lendir serviks, gangguan ovulasi, endometriosis dan juga kelainan anatomi. Gangguan-gangguan yang disebutkan sebelumnya bisa mendorong kondisi wanita merasa lemah dan mempersulit sperma serta sel telur saat akan melebur. Hal itulah yang menyebabkan kehamilan tidak kunjung terjadi. 

Masalah Kesuburan Pada Pria

Pada umumnya, gangguan kesuburan yang dialami pria dibagi menjadi 3 macam yaitu gangguan hormonal, gangguan fisik dan gangguan psikologi. Gangguan hormonal terjadi dimana kadar hormon dalam tubuh pria terlalu tinggi atau terlalu rendah seperti hipotiroid, hiperprolaktinemia, hipogonadotropik dan hyperplasia. 

Gangguan fisik berkaitan dengan segala kondisi fisik pria yang dapat menganggu kesuburan menjadi terganggu. Faktor dalam gangguan fisik berkaitan dengan jumlah produksi sperma lambatnya perjalanan sperma baik itu disebabkan oleh penyakit, saluran sperma sampai dengan masalah genetik. Sedangkan gangguan psikologi biasanya berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Terkadang pria sering mengalami lelah, stress karena pekerjaan, ejakulasi dini dan lainnya yang bisa menyebabkan infertilitas.

Berapakah Biaya untuk Melakukan Tes Kesuburan

Biaya tes kesuburan memang terkenal agak mahal di beberapa tempat tertentu yang menawarkan fasilitas lengkap. Namun tentunya ada beberapa klinik yang menyediakan fasilitas tes kesuburan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mempersiapkan biaya awal sekitar Rp1.500.000,- sampai dengan Rp 3000.000,- pada beberapa medical check up tertentu. Namun ada juga beberapa rumah sakit yang menyediakan tes kesuburan dengan biaya sangat murah hanya Rp400.000,- saja. Tertarik untuk mencoba melakukan tes kesuburan? 

Tahapan tes kesuburan bagi pria dan wanita juga umumnya berbeda, oleh sebab itu tanyakan lebih dulu secara detail sebelum melakukan pembayaran untuk tes kesuburan. Semakin lengkap fasilitas yang Anda dapatkan maka biayanya juga akan semakin mahal. 

Leave A Comment