• Home
  • Inilah Beberapa Tips yang Dapat Anda Lakukan Untuk Melakukan Deteksi Masa Ovulasi
Ilustrasi kehamilan

Inilah Beberapa Tips yang Dapat Anda Lakukan Untuk Melakukan Deteksi Masa Ovulasi

Masa ovulasi merupakan sebuah proses di mana ovarium perempuan akan mengeluarkan ovum yang telah matang dan siap dibuahi oleh sel sperma yang juga merupakan bagian dari suatu proses menstruasi. Untuk wanita yang telah menikah wajib untuk tahu kapan masa ovulasi tersebut akan terjadi. Hal ini supaya para pasangan dapat memperkirakan kapan akan memiliki momongan.

Bagi para wanita yang sudah menikah wajib untuk mengetahui kapan ovulasi tersebut terjadi. Biasanya ovum yang telah dikeluarkan akan bertahan antara 12-24 jam saja. Supaya kehamilan yang diharapkan tercapai, maka ketika masa subur Anda haru dapat melakukan deteksi masa ovulasi secara dini..

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin dapat Anda dan pasangan ketahui untuk melakukan dan mencari alat pendeteksi masa ovulasi, yaitu:

  1. Memeriksa perubahan suhu basal wanita

Perlu Anda ketahui suhu basal merupakan suhu paling rendah yang dapat dicapai tubuh pada saat istirahat. Untuk mengecek suhu basal ini dapat dilakukan ketikan Anda bangun tidur atau juga bisa ketika Anda belum melakukan suatu aktivitas tertentu. Pada umumnya suhu basal normal akan berada pada 35,5 – 36 celcius. Akan tetapi, apabila suhu tubuh lebih tinggi maka dapat dikatakan bahwa Anda sedang melalui masa ovulasi.

  1. Perubahan pada lendir vagina

Untuk melakukan deteksi masa ovulasi, Anda juga dapat mengetahuinya saat Anda mengecek lendir yang dikeluarkan melalui vagina. Apabila saat direnggangkan lendir dari vagina tersebut tidak putus maka pada saat itu Anda sedang memasuki masa ovulasi. Namun, apabila lendir terasa kering dan sedikit lengket itu berarti Anda tidak masuk pada masa ovulasi.

  1. Mengecek adanya kadar progesteron yang meningkat

Kadar hormon progesteron dalam diri wanita akan meningkat seiring dengan adanya perubahan hormon LH karena ketika terdapat folikel yang matang maka akan memicu dinding rahim untuk mengalami penebalan.

Nah mungkin itulah tadi beberapa tips dalam melakukan deteksi masa ovulasi yang dapat Anda ketahui. Anda dapat membaca artikel ini untuk menambah pengetahuan dan pemahaman Anda nantinya.

Leave A Comment